Submit

9 Okt 2012

KaryaTulis Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe Vera) sebagai Produk Olahan Es Dawet

KaryaTulis

Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe Vera)

sebagai Produk Olahan Es Dawet

Diajukan dalam Rangka Memenuhi Tugas Mandiri Terstruktur Mata PelajaranBahasa Indonesia diKelas XI Semester 2

TahunPelajaran 2011 / 2012

clip_image002

Disusunoleh :

Muhammad Nurul Kurniawan

NIS : 5669

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN

2012

KaryaTulis

Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe Vera)

sebagai Produk Olahan Es Dawet

Diajukan dalam Rangka Memenuhi Tugas Mandiri Terstruktur Mata PelajaranBahasa Indonesia diKelas XI Semester 2

TahunPelajaran 2011 / 2012

clip_image003

Disusunoleh :

Muhammad Nurul Kurniawan

NIS : 5669

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN

2012

LEMBAR PENGESAHAN

Judul Karya Ilmiah : Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe Vera) sebagai Produk Olahan Es Dawet

Penyusun :Muhammad Nurul Kurniawan

NIS: 5669

Sekolah : SMA Negeri 1 Kutowinangun, Kebumen, JawaTengah

Karyatulisinitelahdisahkan pada, Februari 2012

Oleh :

Pembimbing,

Drs. Kirwanto

NIP : 1963080199512 1 001

 

 

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan syukur sebanyak banyaknya karena karya ilmiah ini dapat diselesaikan.Kami banyak melakukan percobaan-percobaan untuk mendukung pendapat kami dan dengan didukung sumber data-data yang akurat dan relevan untuk memperkuat pendapat kami.
Kami juga sangat berterima kasih atas pengetahuan yang diberikan sehingga
Karya ilmiah ini dibuat untuk digunakan baik sebagai pembelajaran dan untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia tentang tata cara pembuatan

Kebumen, Februari 2012

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Lidah buaya (Aloe vera ) merupakan salah satu tanaman hias yang sering kita lihat berada di pekarangan rumah.Beberapa keunggulan kompara-tif dari tanaman lidah buaya antara lain pemeliharaannya yang relatif mudah, produksi relatif lebih tahan lama dari pada produk hortikultura lainnya (tidak mudah busuk) dan gangguan hama/penyakit relatif kecil. Prospek pengusahaan tanaman ini juga ditunjang dengan kenyataan bukti-bukti manfaat dan kegunaan lidah buaya yang sangat luas misalnya untuk pengobatan sampai kosmetik/kecantikan.
Masalahnya, sekarang pemanfaatan lidah buaya (Aloe vera) hanya untuk pengobatan dan kosmetik. Padahal lidah buaya (Aloe vera ) bisa diolah menjadi sumber makanan baru yang bisa lebih bermanfaat dan mempunyai harga jual yang cukup tinggi.
Bertitik tolak dari uraian diatas, maka menarik untuk dilakukan suatu penelitian tentang “Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe vera) Sebagai Bahan Penunjang Bahan Makanan Alternatif yaitu membuat “Es Dawet Lidah Buaya”.

1.2 Rumusan Masalah
Dalam penyusunan makalah ini, penulis merumuskan masalah yang akan penulis paparkan dalam pembahasan yaitu mengenai cara pembuatan “Es Dawet Lidah Buaya” .
1.3 Tujuan Penelitian
Awalnya tujuan pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi tanggung jawab penulis sebagai murid SMAN 1 KUTOWINANGUN dalam mata pembelajaran Bahasa indonesia mengenai karya ilmiah yang telah diberikan oleh Bapak Kirwanto sebagai guru pembimbing saya dlam pembelajaran Bahasa indonesia.
Namun, seiring dalam proses pembuatan makalah ini penulis menyadari bahwa betapa pentingnya mengetahui bagaimana cara yang baik untuk mengelola suatu kekayaan alam sekitar kita ini. Dan penting bagi kita untuk mengetahui,memahami, manfaat lidah buaya dalam pembuatan es dawet.
1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang kita dapat temukan dalam makalah ini antara lain :
o Memberikan kita pengetahuan mengenai tanaman lidah buaya khususnya dalam pemanfaatannya.
o Penggunaannya pun tidak hanya untuk kecantikan / kosmetik semata, tapi juga sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan es dawet lidah buaya.
o Dapat mengetahui bagaimana cara pengolahan es dawet dari lidah buaya.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Kajian Teori
Tanaman lidah buaya (Aloe vera) dewasa ini merupakan salah satu komoditas pertanian daerah tropis yang mempunyai peluang sangat besar untuk dikembangkan di Indonesia sebagai usaha agribisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan. Hal tersebut mengingat potensi sumber daya alam Indonesia yang telah terbukti sangat sesuai untuk budidaya tanaman lidah buaya, yaitu seperti yang telah ditunjukkan dari pengalaman budidaya tanaman tersebut di berbagai daerah terutama di pulau Jawa dan Kalimantan. Budidaya lidah buaya di Kota Pontianak Propinsi Kalimantan Barat mampu menghasilkan produksi 8.000 kg/ha, dengan bagian pelepah yang dipanen dapat mencapai 1,5 kg per pelepah dan panjang pelepah mencapai 70 cm.
Beberapa keunggulan kompara-tif dari tanaman lidah buaya antara lain pemeliharaannya yang relatif mudah, produksi relatif lebih tahan lama dari pada produk hortikultura lainnya (tidak mudah busuk) dan gangguan hama/penyakit relatif kecil. Prospek pengusahaan tanaman ini juga ditun-jang dengan kenyataan bukti-bukti manfaat dan kegunaan lidah buaya yang sangat luas serta permintaan pasar yang cukup besar terhadap komoditas tersebut.
Lidah buaya mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B21, C E dan kandungan Choline, Inositol, dan Folic acid. Sedangkan kandungan mineralnya antara lain Calcium, Magnesium, Potassium, Sodium, Iron, Zinc, dan Chromium.Enzim yang terkandung dalam lidah buaya antara lain Amylase, Catalase, Cellulose, Carboxypeptidase, Carboxyhelolase, dan Brandykinase. Selain itu lidah buaya mengandung Asam Amino yaitu Arginine, Asparagin, Asparatic Acid, Analine, Serine, Valine, Glutamat, Threonine, Glycine, Lycine, Yrozine, Proline, Histidine, Leucine, dan Isoliucine (Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Kalimantan Barat, 1998)
Bagian-bagian dari lidah buaya yang digunakan yaitu (1) daun dapat digunakan langsung baik secara tradisional maupun dalan bentuk ekstraknya, (2) eksudat atau getah daun yang keluar bila dipotong, rasa pahit dan kental secara tradisional biasanya digunakan langsung untuk pemeliha-raan rambut, penyembuhan luka dan sebagainya. (3) Gel bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, bersifat mendinginkan, dan mudah rusak sehingga dibutuhkan proses pengolahan yang lebih lanjut agar diperoleh gel yang stabil dan tahan lama.
Tanaman lidah buaya memiliki berbagai kegunaan diantaranya :
Makanan dan minuman, dapat dimakan langsung atau diolah menjadi nata de aloe, dawet, dodol, selai dan lain-lain.
Pengobatan :v
o Laksatif
o Penghilang sakit karena gigitan serangga
o Obat asma dan batuk
o Penyembuh luka
o Anti infeksi
o Obat rematik dan arthritis
o Hepatoprotektor
o Immunomodulator
Kosmetika/Kecantikan :v
o Pelembab alami
o Anti inflamasi
o Anti ageing
o Tabir surya alami
o Efek “soothing” dan “cooling”
o Shampoo
2.2 Rumusan Hipotesis
Lidah buaya mempunyai kan-dungan nutrisi yang cukup lengkap antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B21, C E dan kandungan Choline, Inositol, dan Folic acid. Sedangkan kandungan mineralnya antara lain Calcium, Magnesium, Potassium, Sodium, Iron, Zinc, dan Chromium.Enzim yang terkandung dalam lidah buaya antara lain Amylase, Catalase, Cellulose, Carboxypeptidase, Carboxyhelolase, dan Brandykinase. Selain itu lidah buaya mengandung Asam Amino yaitu Arginine, Asparagin, Asparatic Acid, Analine, Serine, Valine, Glutamat, Threonine, Glycine, Lycine, Yrozine, Proline, Histidine, Leucine, dan
Isoliucine. Disini kami akan mencoba meneliti apakah lidah buaya dapat dijadikan bahan dasar dalam pembuatan es dawet.
Dugaan sementara adalah lidah buaya beserta kandungannya dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan es dawet.

BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Sasaran Penelitian ( Populasi dan Sampel )
Dalam makalah ini penulis akan memilih Lidah Buaya (Aloe vera) sebagai bahan utama pembuatan “ ES DAWET LIDAH BUAYA “.
3.2 Instrumen (alat dan bahan)
Berikut ini adalah alat dan bahan yang penulis gunakan dalam pembuatan “ES DAWET LIDAH BUAYA” :
Alat :

Kompor
Pisau
Wadah
Panci
Gelas / Mangkok
Bahan :

Lidah buaya 3buah
Jeruk nipis 5-6 buah
Santan dari 5 ½ butir kelapa
Daun pandan
Gula merah / sirup
Es batu
3.3 Prosedur Pelaksanaan Penelitian
Lidah buaya dikupas dan dipotong berbentuk dadu.
Kemudian rendam dengan air jeruk nipis selama 3 hari.Setiap hari, air jeruk nipis diganti dan dicuci bersih.
Panaskan santan, tambahkan daun pandan dan dinginkan.
Gula merah dicampur dengan air, panaskan, kemudian saring dan dinginkan.
Siapkan gelas/mangkok.Masukkan potongan dadu lidah buaya, es batu dan siram dengan santan, tambahkan gula merah/sirup.

BAB IV
DATA DAN HIPOTESIS
4.1 Uji Hipotesis
Dalam pengujian Hipotesis ini penulisakan tampilkan pengamatan hasil ilmiah kami dalam bentuk tabel pengamatan.

4.2 Tabel Pengamatan

Hasil yang dapat diamati

Sebelum direndam dengan jeruk

Direndam dengan jeruk secukupnya

Rasa

Pahit

Hambar

Lendir

Berlendir

Tidak Berlendir

Bentuk/tekstur

Agak keras

Lebih kenyal

Bau

Bau khas tumbuhan

Bau jeruk spesifik

4.3 Pembahasan
Dari hasil tabel hasil pengamatan dapat dilihat bahwa lidah buaya yang belum direndam air jeruk nipis rasanya pahit, lendirnya banyak,teksturnya pun agak keras sedikit dan baunya spesifik seperti bau daun pada umumnya.
Lidah buaya yang sudah direndam dengan air jeruk nipis rasanya hambar,lendirnya berkurang, teksturnya pun lebih kenyal dan berbau jeruk nipis.
Kami memanfaatkan air jeruk nipis agar teksturnya menjadi lebih kenyal,menghilangkan bau amis, dan menghilangkan lendir yang menempel pada daging lidah buaya. Sehingga saat proses pencampuran bahan dengan santan dan gula lidah buaya tersebut menjadi kenyal dan beraroma jeruk nipis.

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah kami lakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa lidah buaya tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, tetapi juga dapat dikonsumsi.Selain itu lidah buaya juga memiliki manfaat sebagai obat dan baik untuk dikonsumsi.
Lidah buaya juga memiliki bau yang kurang enak dan juga banyak lendir, sehingga untuk menghilangkan bau dan lendir tersebut, penulis merendam lidah buaya tersebut dengan air jeruk nipis.
Dan lidah buaya yang telah direndam dengan air jeruk nipis dapat dijadikan bahan baku alternatif dalam pembuatan es dawet. Karena bila tidak direndam dengan air jeruk nipis, lendirnya dan amisnya tidak akan hilang dan juga teksturnya kurang kenyal.
Dari segi ekonomi pun, kita jadi bisa menghemat pengeluaran dengan cara memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan alternatif pembuatan es dawet.
5.2 Saran
Berdasarkan penelitian ini, akhirnya kita mengetahui dan memahami bagaimana cara pembuatan es dawet lidah buaya.
Dan alangkah baiknya jika apa yang telah kami praktekkan ini bisa jadi bahan acuan bila ingin memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan baku alternatif.
Karena dengan mengkonsumsi buatan sendiri itu sangat menarik dan tentunya mengurangi pengeluaran belanja kita.

Daftar Pustaka
1. http://www.google.com
2. http://www.clickwok.com/rec/ oleh Ibu Nurwani Paisan
3. http://www.education.com
4. Buku biology
5. Buku pengembangan aloevera


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari SEMUA TENTANG SMA DAN EDUKASI.com di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels